Senin, 15 Maret 2010

Brownies panggang dari tepung mocaf




Beberapa hari yang lalu dapat kiriman sampel tepung mocaf dari teman lama...gak ngira juga bisa dapat tepung yang lagi ramai dibicarakan sebagai pengganti terigu. Tepung mocaf (modification cassava flour) adalah tepung yang aslinya terbuat dari singkong. Berbeda dengan tepung kanji yang juga terbuat dari singkong, tepung mocaf dalam pembuatannya difermentasikan dengan menggunakan mikroba yang menyebabkan perubahan karakteristik dari tepung yang dihasilkan sehingga hampir menyerupai tepung terigu. Karenanya tepung mocaf dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan yang bahan utamanya adalah terigu seperti cake, kue kering, brownies, gorengan dan lain-lain, tetapi untuk pembuatan roti masih berupa campuran sebanyak 30% dari jumlah terigu yang digunakan karena roti masih membutuhkan gluten untuk proses pembuatannya. Oya..tepung mocaf ini tidak mengandung gluten yaitu protein yang terkandung dalam gandum yang untuk beberapa orang dapat menimbulkan alergi contohnya pada penderita autis. Jadi tepung mocaf ini aman bagi penderita autis karena gluten free.
Untuk percobaan tepung mocaf ini, aku buat untuk brownies dengan menggunakan resep brownies dari joy of baking. Hasilnya brownies yang lembut dan moist sama seperti menggunakan terigu...untuk aroma tepungnya yang samar-samar langu tertutupi dengan aroma coklat. Jadi menurut pendapat pribadi tepung mocaf ini lumayan oke untuk pengganti terigu. Eh ya mungkin ada yang mau coba dengan resep brownies ini, aku copas di bawah ini ya :

Brownies:

5 ounces (140 grams) semisweet or bittersweet chocolate, chopped

1/2 cup (1 stick) (113 grams) unsalted butter, cut into pieces

2 tablespoons (15 grams) cocoa powder

1 cup (200 grams) granulated white sugar

1 teaspoon pure vanilla extract

3 large eggs

3/4 cup (95 grams) all-purpose flour

1/4 teaspoon salt

3/4 cup (125 grams) semi-sweet chocolate chips (optional)


Brownies: Preheat oven to 350 degrees F (177 degrees C) and place the rack in the center of the oven. Butter (or spray with a nonstick cooking spray) an 8 inch (20 cm) square pan.

Melt the chocolate and butter in a large stainless steel bowl placed over a saucepan of simmering water. Remove from heat and stir in the cocoa powder and sugar . Next, whisk in the vanilla extract and eggs, one at a time, beating well after each addition. Finally, stir in the flour, salt and chocolate chips (if using).

Pour into the prepared pan and bake for about 30 minutes, or until a toothpick inserted in the center comes out with a little batter and a few moist clumps clinging to it. Do not over bake. Remove from oven and let cool on a wire rack. Serve at room temperature or chilled. These freeze very well.

Makes 16 brownies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar