Kamis, 15 April 2010

Cookies Hias

Bosen dengan kue kering yang modelnya seperti itu-itu aja, aku coba-coba membuat kue kering hias. Setelah browsing kesana-sini..yah memberanikan diri sajalah untuk mulai membuat kukis hiasnya...
Resepnya sama seperti kue kering biasa, yang membuat beda ya hiasannya itu yang bisa terbuat dari Royal Icing atau bisa juga dengan fondant. Kali ini kukisnya aku hias dengan menggunakan Royal Icing. Royal Icing itu adalah campuran putih telur dengan gula tepung. Buat yang mau coba ini dia resepnya :

Royal Icing

Bahan:
60 ml Putih telur
250 gr Gula tepung
1 sdt air jeruk nipis

Cara membuat:
Kocok putih telur lalu masukkan gula tepung sedikit demi sedikit (pake speed rendah ya..). Kocok rata lalu masukkan air jeruk nipis. Kocok rata.
Royal Icing siap digunakan.

Tips:
Untuk menghilangkan bau amis putih telur tambahkan pasta vanila.
Bila keenceran bisa ditambahkan gula tepung, bila terlalu kental tambahkan air jeruk nipis.
Air jeruk nipis bisa diganti dengan cuka.

Gitu deh dengan resep RI nya....lanjut lagi yaaa...

Serunya ngehias pake RI..RI nya sering gak nurut...mau garis tipis jadinya lebar, mau buat titik jadinya lingkaran yang kalo buat mata so pasti kegedean. Ternyata kekentalan RI sangat berpengaruh ke hasilnya jadi ya musti pintar-pintar deh atur kekentalannya...RI nya mau untuk dasar atau untuk detil. Kalo untuk untuk dasar RI nya agak encer tapi kalo untuk detil...yah agak kental lah biar gak meleber waktu dipakai.
Belajar kukis ini aku buat 2 kali...yang 1..asli coba-coba...masih perkenalan dengan RI ( dulu banget udah pernah buat tapi lupa..) ini penampakannya :



Terus yang kedua ( ceritanya udah mulai kenal sama RI) penampakkannya di bawah ini :

Seri Bola

Seri Binatang

Blue Flowers

Sun Flowers

Funky

Tidak ada komentar:

Posting Komentar